Senin, 30 Januari 2017

KONGRES VI F-GSBM 2016




Federasi Gabungan Serikat Buruh Mandiri (F-GSBM) telah menjalankan Kongres VI pada tanggal 5 – 7 Agustus 2016  di hotel d’Arcici Sunter – Jakarta Utara dengan berjalan tertib dan sukses. Meskipun pada pertengahan tahun 2014 F-GSBM telah dihantam badai besar dengan dikeluarkannya beberapa pengurus DPP F-GSBM yang dipilih dalam Kongres V karena telah mendidikan serikat buruh lain. Kongres VI F-GSBM kali ini mampu dilaksanakan di hotel dan membawa tema “F-GSBM menjadi organisasi yang kuat, mandiri dan berkarakter”. Hal ini sebagai wujud pembuktian diri bahwa F-GSBM kini semakin besar, kuat dan mandiri serta mempunyai karakter diri dalam setiap perjuangannya sehingga lebih siap berperan aktif dalam mewujudkan perubahan menuju terciptanya kesejahteraan kaum buruh Indonesia.

Tugas kewajiban kongres VI F-GSBM adalah meminta laporan pertanggungjawaban DPP F-GSBM periode 2012 – 2016, menetapkan AD/ART organisasi, menetapkan Pokok-pokok program strategis 4 (empat) tahun, memilih Dewan Pengurus Pusat serta memilih dan menetapkan MPO.

Sidang pleno pertama yang dibahas adalah pengesahan peserta kongres, pemilihan Majelis Pimpinan Sidang dan pembahasan jadwal acara serta pembahasan tata tertib. Dalam kongres VI F-GSBM ini dipilih  Majelis Pimpinan Sidang sebanyak lima orang yang terdiri dari satu unsur DPP diwakili oleh Marsono, satu unsur DPC diwakili Natalia, dan tiga unsur Basis diwakili oleh Wahyoto (PB. F-GSBM PT. Eriks Dharma Sentosa), Ahmad Supriyanto (PB. F-GSBM PT Karyapratama Dunia), Sukhro Hanafi (PB. F-GSBM PT. Giad Inti Lestari).

Sidang pleno kedua adalah Pertanggungjawaban DPP F-GSBM masa bakti 2012 - 2016. Para peseta kongres berhak menganalisa, mendiskusikan dan memberikan penilaian yang objektif atas kerja-kerja DPP F-GSBM.. Pada kesempatan tersebut para peserta menyatakan menerima semua laporan pertanggungjawaban .

Sidang pleno ketiga  adalah pembacaan situasi nasional dan situasi daerah masing-masing disampaikan oleh Sukarya dan Pelikson Silitonga SH. Pada pleno ini para peserta kongres lebih banyak mendengarkan penyampaian dari kedua narasumber tersebut sebagai bahan wawasan pemikiran dan  masukan dalam penentuan semua kebijakan yang akan disepakati bersama selama pelaksanaan kongres.

Sementara itu sidang pleno keempat adalah pembahasan dan pembuatan AD/ART, Strategi dan Taktik serta membuat program kerja DPP F-GSBM selama satu periode dengan membuat tiga Komisi Kerja. Dalam sidang ini, para peserta kongres lebih aktif dan sempat terjadi perdebatan terutama dalam pembahasan strategi dan taktik di mana mogok spontan dimasukan dalam salah satu bentuk perjuangan yang akan dilakukan dalam upaya penyelesaian masalah. Namun, Steering Committe bisa mengendalikan suasana dan melanjutkan sidang hingga dapat diterima para peserta kongres.

Sidang Pleno terakhir adalah pemilihan Struktur DPP dan MPO namun sebelum diadakan pemilihan, dilakukan terlebih dahulu pembahasan kriteria dan nominasi. Dalam sidang ini pun terjadi perdebatan yang cukup alot terutama dalam kriteria MPO yang memasukan kategori pendiri dan atau mitra F-GSBM. Tetapi semua pihak dapat saling memahami sehingga pemilihan struktur DPP dan MPO dapat dilaksanakan dengan tertib. Adapun Susunan Pengurus Dewan Pengurus Pusat Federasi Gabungan Serikat Buruh Mandiri (DPP F-GSBM) masa bakti 2016 – 2020 sebagai berikut :

1.    Ketua Umum                                                        : SUKARYA
2.    Sekretaris Umum                                                  : YAYA WARYA
3.    Bendahara Umum                                                 : IRMAN SIAHAAN
4.    Departeman Organisasi                                         : EDI MARYANTO
5.    Departemen Pendidikan & Pelatihan                     : MARSONO
6.    Departemen Hukum & Advokasi                          : WAHYOTO
7.    Departemen Perjuangan Buruh Perempuan            : NITTI KHOLIYAH
               
Sementara Susunan Pengurus MPO F-GSBM  masa bakti 2016 – 2020 sebagai berikut :
1.    Ketua                                                                      : ENGKOS KOSASIH
2.    Sekretaris                                                                : AHMAD
3.    Anggota                                                                   : SUNADI SAPUTRA
  NATALIA
  AHMAD FAIZIN

Harapan besar dari semua anggota F-GSBM kepada para pengurus yang telah terpilih agar menjalankan organisasi dengan penuh tanggungjawab dan semoga dengan terbentuknya struktur yang baru F-GSBM dapat menggapai mimpinya menjadi organisasi yang Kuat, Mandiri dan Berkarakter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar